[Pengertian dan Rangkuman] Stack dan Queue [Algoritma dan Struktur Data]

CDM (Conceptual Data Model) 
CDM adalah model yang dibuat berdasarkan anggapan bahwa dunia nyata terdiri dari koleksi obyek-obyek dasar yang dinamakan entitas (entity) serta hubungan (relationship) antara entitas-entitas itu. Biasanya CDM direpresentasikan dalam bentuk Entity Relationship Diagram Manfaat Penggunaan CDM dalam perancangan database:
1) Memberikan gambaran yang lengkap dari struktur.
2) Basis data yaitu arti, hubungan, dan batasan-batasan.
3) Alat komunikasi antar pemakai basis data, designer, dan analis. 

PDM (Physical Data Model) 
Merupakan model yang menggunakan sejumlah tabel untuk menggambarkan data serta hubungan antara data-data tersebut. Setiap tabel mempunyai sejumlah kolom di mana setiap kolom memiliki nama yang unik. 

Perbedaan CDM dan PDM 
CDM: perancangan basis data yang berdasarkan pengumpulan data dan analisis. Pembuatan CDM adalah suatu tahap dimana kita melakukan proses indentifikasi dan analisa kebutuhan-kebutuhan data dan ini disebut pengumpulan data dan analisa. Untuk menentukan kebutuhan-kebutuhan suatu sistem database, kita harus mengenal terlebih dahulu bagian-bagian lain dari sistem informasi yang akan berinteraksi dengan sistem database. Tipe data bersifat general dan tidak spesifik.

PDM: Perancangan database secara fisik. Tipe data bersifat lebih khusus dan spesifik. Perancangan PDM merupakan representasi fisik / sebenarnya dari database. Menurut ANSI/SPARC, arsitektur basis data terbagi atas tiga level yaitu:
1) Internal/Physical Level : (yang dapat direpresentasikan dengan PDM) berhubungan dengan bagaimana data disimpan secara fisik (physical storage).
2) External /View Level : berhubungan dengan bagaimana data di representasikan dari sisi setiap user.
3) Conceptual/Logical Level : (yang dapat direpsesentasikan dengan CDM) yang menghubungkan antara internal & external level.

Kardinalitas
1) One-to-one 
Derajat satu dan hanya satu pada kedua arah. Tipe ini jarang, dan mungkin benar-benar merupakan entity yang sama, atau attribute dari entity. Contoh: Relasi antara suami dan istri. 

2) Many-to-one 
Derajat satu atau lebih pada satu arah dan derajat satu dan hanya satu pada arah lainnya. Tipe ini sangat umum. Contoh: Relasi antara penumpang dan pesawat.

3) Many-to-many 
Derajat satu atau lebih pada kedua arah. Tipe ini sangat umum. Contoh: Relasi antara karyawan dan keahlian.

tag: pengertian stack, pengertian queue, algoritma, struktur, data, algoritma dan struktur data, stack dan gueue, pengertian stack dan queue.

Comments

Popular posts from this blog

DRAMA Sekolah - Persahabatan (Versi Indonesia dan Inggris) (4 orang)